Home » » Tips Tetap Aman Saat Online Bersama Google

Tips Tetap Aman Saat Online Bersama Google

Written By jmw on Rabu, 02 Oktober 2013 | 05.10




Dunia Komputer Dan Internet - Hari ni kebutulan sekali saya mengalami hal seperti gambar di atas, nah jika jika teman teman ingin agar onlinenya tetap aman ikuti Tips Tetap Aman Saat Online Bersama Google di bwah ini semoga sukses ya


Dengan Google, Anda memiliki berbagai alat yang dapat membantu Anda melindungi dan menjaga informasi tetap pribadi dan aman. Berikut adalah beberapa alat kami yang paling populer yang membantu membuat Google bekerja lebih baik untuk Anda.

Tetap aman dan pribadi

Verifikasi 2 langkah

Setelah membuat sandi untuk Akun Google, sebaiknya Anda menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Verifikasi 2 langkah mewajibkan Anda memiliki akses ke ponsel, serta sandi dan nama pengguna, saat masuk. Artinya, jika seseorang mencuri atau menebak sandi Anda, calon penyerang itu tidak akan bisa masuk ke akun karena mereka tidak memiliki ponsel Anda. Kini Anda dapat melindungi diri Anda dengan sesuatu yang Anda ketahui (sandi) dan sesuatu yang Anda miliki (ponsel).

Mode penyamaran di Chrome

Dalam mode penyamaran, laman yang Anda buka dan file yang Anda unduh tidak tercatat di riwayat unduhan atau penjelajahan Chrome. Anda juga dapat menggunakan fitur ini di Chrome untuk Android – dan kini Chrome adalah browser default untuk produk Android baru, yang memungkinkan Anda menjelajah web di ponsel atau tablet secara pribadi. Temukan cara mengakses mode penyamaran.

Google Talk

Google Talk, fitur obrolan di Gmail dan produk Google lainnya yang memungkinkan Anda mengobrol tanpa direkam. Obrolan yang tidak direkam tidak akan disimpan di riwayat obrolan Gmail Anda maupun kontak Anda. Saat memilih untuk tidak merekam obrolan, sebuah pesan akan ditampilkan kepada Anda dan kontak Anda untuk mengonfirmasi bahwa obrolan di masa mendatang tidak akan disimpan, kecuali salah satu dari Anda mengubah setelan tersebut.

Lingkaran Google+

Lingkaran Google+ membantu Anda mengelola teman dan kontak. Anda dapat meletakkan teman dalam satu lingkaran, keluarga dalam lingkaran lain, dan bos Anda dalam lingkaran tersendiri – sama seperti kehidupan nyata. Lalu Anda dapat berbagi konten yang relevan, seperti pos Google+, video YouTube, atau cantuman Lokal, dengan orang yang tepat kapan saja Anda memilihnya.

Video yang tidak tercantum dan pribadi di YouTube

YouTube dibuat bagi semua orang untuk berbagi gagasan dengan seluruh dunia. Tetapi, terkadang Anda mungkin hanya ingin berbagi dengan beberapa teman atau menyimpannya untuk diri sendiri. Anda dapat melakukannya dengan memilih tak tercantum atau pribadi ketika mengunggah video.

Lihat dan kendalikan informasi Anda

Setelan Akun Google

Di laman setelan Akun, Anda dapat melihat layanan dan informasi yang dikaitkan dengan Akun Google serta mengubah setelan privasi dan keamanan.

Google Dasbor

Google Dasbor menunjukkan apa yang tersimpan dalam Akun Google Anda. Dari satu lokasi pusat, dengan mudah Anda dapat melihat dan memperbarui setelan untuk layanan seperti Blogger, Kalender, Document, Gmail, Google+, dan lainnya.

Saya di Web

Saya di Web dapat membantu Anda memahami dan mengelola yang dilihat orang saat mereka menulusuri Anda di Google. Hal ini membantu Anda menyiapkan Google Alerts sehingga Anda dapat memantau jika informasi tentang Anda muncul secara online, dan secara otomatis Google Alerts menyarankan beberapa istilah penelusuran yang mungkin ingin Anda ikuti.

Aktivitas Akun

Aktivitas Akun mempermudah Anda meninjau cara Anda menggunakan layanan Google saat masuk, dan memastikan hanya Anda yang menggunakan akun Anda. Jika Anda mendaftar, Anda akan mendapatkan akses ke laporan bulanan tempat Anda dapat melihat hal seperti jumlah email yang telah dikirim dan diterima untuk akun Anda, negara tempat mengakses akun Anda, dan penelusuran Google teratas untuk akun Anda.

Google Takeout

Google Takeout menyediakan alat yang mudah digunakan untuk mengunduh data pribadi Anda, seperti dokumen dan foto Anda, jadi Anda selalu dapat memiliki salinannya atau dapat mengunggah informasi Anda ke layanan lain dengan mudah.

Kontrol Riwayat Web Google

Jika Anda masuk ke Akun Google, Riwayat Web membantu memberikan hasil dan saran yang lebih relevan. Jika mau, Anda dapat menghapus entri, menjeda pengumpulan, atau menonaktifkan layanan secara bersamaan. Anda dapat melakukan hal yang sama dengan Riwayat YouTube.

Kelola yang terlihat oleh pengiklan dan situs web

Pengelola Preferensi Iklan

Iklan membantu mendanai banyak layanan online gratis di web yang Anda sukai dan Anda gunakan setiap hari. Dengan Pengelola Preferensi Iklan Google, Anda dapat memahami cara iklan dipilihkan untuk Anda, mengelola informasi Anda yang digunakan untuk memilih iklan, dan mencekal iklan tertentu.

Penyisih Google Analytics

Google Analytics menghasilkan statistik tentang pengunjung ke situs web, seperti jumlah tampilan laman atau waktu lalu lintas terpadat untuk membantu penerbit situs web menyempurnakan situs mereka. Jika Anda tidak ingin data browser Anda dibagikan dengan penerbit saat mengunjungi situs yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat memasang penyisih.


Apakah perangkat Anda berjalan lebih lambat dari biasanya? Mungkin sembarang layar bermunculan? Apakah ada tagihan tak dikenal di rekening bank Anda?

Berikut adalah beberapa tanda bahwa perangkat Anda mungkin terinfeksi perangkat lunak perusak – perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak perangkat atau jaringan Anda.

Berikut beberapa cara mudah untuk membantu melindungi diri:

Selalui perbarui browser dan sistem operasi Anda

Sebagian besar sistem operasi dan perangkat lunak akan memberi tahu Anda bila tiba saatnya meningkatkan versi – jangan mengabaikan pesan ini dan perbarui sesegera mungkin. Terkadang, versi perangkat lunak lama dapat memiliki masalah keamanan yang bisa digunakan penjahat untuk mendapatkan data Anda dengan lebih mudah. Browser Chrome dari Google memperbarui ke versi terkini secara otomatis setiap kali dijalankan, sehingga Anda bisa mendapatkan perlindungan keamanan yang paling baru tanpa bersusah-payah.

Selalu waspada dengan segala sesuatu yang Anda klik dan unduh, termasuk musik, film, file, plugin atau add-on browser

Hati-hati dengan jendela munculan yang meminta Anda mengunduh perangkat lunak atau menawarkan untuk memperbaiki komputer Anda. Sering kali munculan ini akan mengatakan bahwa komputer Anda telah terinfeksi dan unduhan mereka dapat memperbaikinya – jangan percaya. Tutup jendela dan pastikan Anda tidak mengeklik bagian dalam jendela munculan. Jangan buka jenis berkas yang tidak dikenal, atau jika Anda melihat permintaan maupun peringatan browser yang meminta Anda membuka file. Kadang kala perangkat lunak perusak mencegah Anda meninggalkan laman apabila Anda masuk ke dalamnya, misalnya dengan membuka permintaan unduh berulang-ulang. Jika hal ini terjadi, gunakan pengelola tugas atau pemantau aktivitas komputer untuk menutup browser.

Jika ragu, gunakan bookmark tepercaya untuk situs penting, gunakan mesin telusur untuk bernavigasi ke situs, atau langsung ketikkan alamat situs di browser. Sebaiknya Anda juga memeriksa untuk melihat apakah alamat web dimulai dengan https:// – yang menandakan bahwa sambungan Anda ke situs web dienkripsi dan lebih tahan terhadap gangguan atau intaian.

Apabila memasang perangkat lunak, pastikan Anda mendapatkan perangkat lunak tersebut dari sumber tepercaya

Beberapa program mengemas perangkat lunak perusak sebagai bagian dari proses pemasangan mereka. Sebelum Anda mulai mengunduh, ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi risiko terunduhnya perangkat lunak perusak bersamaan dengan perangkat lunak yang Anda inginkan.

Periksa reputasi toko – apakah itu sumber resmi, seperti toko aplikasi yang ada di dalam ponsel atau browser Anda, atau situs web pengembang, yang merupakan kebalikan dari situs pengunduhan pihak ketiga yang tidak dikenal? Anda juga dapat memeriksa reputasi pengembang dengan melihat komentar orang lain mengenai mereka di waktu lampau. Periksa ulasan atau komentar online tentang unduhan tersebut. Jika terlihat bahwa banyak orang tidak menyukainya atau memiliki pengalaman buruk, Anda mungkin sebaiknya jangan mengunduhnya.

Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan setelah mengunduh – misalnya kelambatan komputer yang signifikan, munculan atau pesan tak terduga, atau tagihan asing – segera copot pemasangan perangkat lunak dan pastikan anti-virus Anda berjalan dan telah diperbarui.

Kebanyakan browser akan memberi peringatan jika Anda mencoba membuka situs web yang diduga adalah hosting perangkat lunak perusak. Jika Anda mendapatkan peringatan bahwa situs yang ingin Anda kunjungi mungkin tidak aman, lihatlah URL-nya dan pertimbangkan baik-baik apakah Anda ingin mengunjungi situs itu atau tidak. Walaupun Anda pernah mengunjungi situs itu sebelumnya, penjahat mungkin telah menyusupi situs sejak terakhir kali Anda mengunjunginya, sehingga situs tersebut mungkin tidak aman untuk dikunjungi sampai pemiliknya membersihkan situs itu.

Jika komputer Anda terinfeksi perangkat lunak perusak, hapuslah sesegera mungkin

Salah satu cara membersihkan komputer Anda adalah memindainya dengan setidaknya satu, dan idealnya beberapa, produk antivirus berkualitas tinggi. Kami tidak dapat menjamin efektivitas program itu, tetapi mencoba versi terbaru dari tiap program sering kali berpengaruh. Anda juga dapat menggunakan situs av-comparatives.org untuk menemukan perangkat lunak anti-virus lainnya dan meninjau hasil uji coba.

avast!
AVG
AVIRA
BitDefender
ESET Smart Security
F-Secure
G DATA
Kaspersky Lab Internet Security
McAfee
MacScan (untuk pengguna Mac)
Microsoft Security Essentials
Norton Internet Security
TrendMicro
Malwarebytes


Sandi adalah baris pertahanan terdepan dalam menghadapi penjahat dunia maya. Sangatlah penting memilih sandi yang rumit dan berbeda-beda untuk tiap akun penting Anda dan memperbarui sandi secara teratur merupakan kebiasaan yang baik. Ikuti kiat berikut untuk membuat sandi yang rumit dan menjaganya tetap aman.

Gunakan sandi unik untuk tiap akun penting Anda seperti email dan perbankan online

Memilih sandi yang sama untuk setiap akun online seperti menggunakan kunci yang sama untuk mengunci rumah, mobil, dan kantor Anda – jika penjahat mendapat akses ke salah satu saja, semuanya dapat disusupi. Jadi, jangan gunakan sandi yang sama antara buletin online dan untuk email atau rekening bank Anda. Mungkin ini kurang nyaman, tetapi memiliki beberapa sandi membuat Anda lebih aman.

Simpan sandi di tempat rahasia yang tidak mudah terlihat

Mencatat sandi belum tentu merupakan ide yang buruk. Tetapi, jika Anda melakukannya, jangan meletakkan catatan yang berisi sandi di tempat terbuka, di komputer, atau meja kerja Anda.
Gunakan sandi yang panjang terdiri dari angka, huruf, dan simbol

Semakin panjang sandi Anda, semakin sulit menebaknya. Jadi, buatlah sandi yang panjang untuk membantu menjaga keamanan informasi Anda. Menambahkan angka, simbol, dan campuran huruf besar kecil akan menyulitkan calon pengintai atau yang lain untuk menebak atau memecahkan sandi Anda. Jangan gunakan ‘123456’ atau 'password' (‘sandi’), dan hindari menggunakan informasi yang tersedia secara publik seperti nomor telepon dalam sandi Anda. Itu kurang unik dan kurang aman!

Cobalah frasa yang hanya Anda yang tahu

Satu usulannya adalah memikirkan frasa yang hanya diketahui oleh Anda, dan kaitkan dengan situs web yang bersangkutan agar Anda dapat mengingatnya. Untuk email, Anda dapat memulai dengan "Suatu hari, Tom dan Jasmine mengirimkan email lucu", lalu gunakan angka dan huruf untuk membuatnya kembali. “MfT&Jsmafe1ad” adalah sandi dengan banyak variasi. Lalu ulangi proses ini untuk situs lainnya.
Setel opsi pemulihan sandi Anda dan tetap perbarui

Jika lupa sandi atau terkunci, Anda membutuhkan cara untuk dapat kembali mengakses akun Anda. Banyak layanan akan mengirimkan email ke alamat email pemulihan jika Anda perlu menyetel ulang sandi, jadi pastikan alamat email pemulihan Anda diperbarui dan salah satu akun Anda masih dapat diakses.

Terkadang Anda juga dapat menambahkan nomor telepon ke profil untuk menerima kode guna menyetel ulang sandi melalui SMS. Memiliki nomor ponsel di akun merupakan cara paling mudah dan paling dapat dipercaya untuk membantu menjaga keamanan akun Anda.

Misalnya, penyedia layanan dapat menggunakan nomor telepon untuk menguji orang yang mencoba masuk ke akun Anda, dan dapat mengirimkan kode verifikasi kepada Anda sehingga Anda dapat memasuki akun jika sampai kehilangan akses. Memberikan nomor telepon pemulihan ke Google tidak akan membuat Anda terdaftar dalam daftar pemasaran atau mendapatkan lebih banyak panggilan dari telemarketer.

Ponsel Anda adalah metode identifikasi yang lebih aman daripada alamat email pemulihan atau pertanyaan keamanan karena, tidak seperti dua metode lainnya, Anda benar-benar memiliki telepon seluler tersebut secara fisik.

Namun, jika Anda tidak dapat atau tidak ingin menambahkan nomor telepon ke akun, banyak situs web meminta Anda memilih pertanyaan untuk memverifikasi identitas jika Anda lupa. Jika layanan yang Anda gunakan mengizinkan Anda membuat pertanyaan sendiri, cobalah untuk membuat pertanyaan dengan jawaban yang hanya diketahui oleh Anda dan bukan sesuatu yang Anda poskan secara publik atau dibagikan di media sosial.

Carilah cara untuk membuat jawaban yang unik tetapi mudah diingat – Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kiat di atas – sehingga meskipun seseorang menebak jawabannya, mereka tidak akan tahu cara memasukkan dengan semestinya. Jawaban ini sangat penting untuk diingat – jika Anda melupakannya, Anda mungkin tidak akan dapat mengakses akun lagi


Sama seperti perampok dan pencuri, penjahat dunia maya memiliki berbagai cara untuk mencuri uang dan informasi pribadi. Seperti halnya Anda tidak akan memberikan kunci rumah ke perampok, pastikan Anda melindungi diri dari penipuan dan pencurian identitas online. Ketahui trik umum yang digunakan penjahat guna membantu Anda melindungi diri dari penipuan online dan pencurian identitas. Berikut beberapa kiat sederhana.

Jangan membalas jika Anda melihat email, pesan instan, atau laman web mencurigakan yang meminta informasi pribadi atau keuangan

Selalu waspada terhadap pesan atau situs apa pun yang meminta informasi pribadi, atau pesan yang mengarahkan Anda ke laman web asing yang meminta detail berikut:

Nama pengguna
Sandi
Nomor Jaminan Sosial
Nomor rekening bank
PIN (Nomor Identifikasi Pribadi)
Nomor kartu kredit lengkap
Nama gadis ibu Anda
Ulang tahun Anda
Jangan mengisi formulir atau layar info masuk apa pun yang mungkin tertaut dari pesan semacam itu. Jika seseorang yang mencurigakan meminta Anda mengisi formulir dengan informasi pribadi Anda, jangan tergoda untuk mengisinya. Walaupun tidak menekan tombol “kirim”, Anda bisa jadi masih mengirimkan informasi ke pencuri identitas jika Anda mulai memasukkan data ke formulir mereka.

Jika melihat pesan dari seseorang yang Anda kenal yang tampaknya bukan seperti mereka, akun mereka mungkin disusupi oleh penjahat dunia maya yang mencoba mendapatkan uang atau informasi dari Anda – jadi, berhati-hatilah saat menanggapinya. Taktik yang sering dilakukan misalnya meminta Anda untuk segera mengirimkan uang, mengaku terdampar di negara lain, atau mengatakan bahwa ponselnya dicuri sehingga mereka tidak dapat dihubungi. Pesan tersebut mungkin juga memberi tahu Anda untuk mengeklik tautan guna melihat gambar, artikel, atau video yang sebenarnya menuntun Anda ke situs yang mungkin mencuri informasi Anda – jadi, pikirkanlah sebelum mengeklik!

Jangan pernah memasukkan sandi apabila Anda membuka suatu situs dengan mengikuti tautan di email atau obrolan yang tidak Anda percayai

Meskipun menurut Anda itu adalah situs yang dipercaya, misalnya bank Anda, lebih baik bukalah situs secara langsung menggunakan bookmark atau mengetikkan alamatnya di browser.

Jangan mengirimkan sandi Anda melalui email dan jangan memberitahukannya ke orang lain

Sandi adalah kunci menuju akun dan layanan online Anda, dan sama seperti di kehidupan nyata, Anda harus berhati-hati dalam memberikan kunci. Situs dan layanan yang sah tidak akan meminta Anda mengirimkan sandi melalui email, jadi jangan menanggapi apabila Anda mendapatkan permintaan sandi untuk situs online.

Karena sandi sangat penting, Anda harus mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk memberitahukannya kepada orang lain – bahkan kepada teman dan keluarga. Ketika Anda berbagi sandi, ada risiko lebih besar bahwa seseorang mungkin menyalahgunakan akun Anda dengan mengakses informasi yang tidak Anda kehendaki atau menggunakan akun dengan cara yang tidak Anda sukai. Contohnya, jika Anda berbagi sandi email dengan seseorang, dia mungkin membaca email pribadi Anda, mencoba menggunakan akun email untuk mengakses layanan online lain yang mungkin Anda gunakan, seperti situs sosial atau perbankan, atau menggunakan akun untuk meniru Anda. Yang terakhir, apabila Anda berbagi sandi dengan seseorang, Anda bergantung pada mereka untuk menjaga keamanan sandi; mereka mungkin saja memberitahukannya ke orang lain dengan sengaja atau tidak.

Waspadalah ketika diminta masuk secara online

Periksa tanda-tanda tentang sambungan Anda dengan situs web.

Pertama, perhatikan bilah alamat di browser Anda untuk melihat apakah URL tampaknya benar. Sebaiknya Anda juga memeriksa untuk melihat apakah alamat web dimulai dengan https:// – yang menandakan bahwa sambungan Anda ke situs web dienkripsi dan lebih tahan terhadap gangguan atau intaian. Beberapa browser juga menyertakan ikon gembok di bilah alamat di samping https:// untuk mengindikasikan bahwa sambungan Anda dienkripsi dan Anda terhubung dengan lebih aman.

Melaporkan email mencurigakan dan penipuan

Sebagian besar penyedia email, termasuk Gmail, memungkinkan Anda melakukan hal ini. Dengan melaporkan pesan mencurigakan di Gmail, Anda membantu kami memblokir pengguna tersebut agar tidak dapat mengirimkan email kepada Anda lagi dan membantu tim penyalahgunaan kami menghentikan serangan serupa.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts